Shining Me Child Care

Pendidikan yang diberikan secara benar dan tepat selain membuat seseorang memiliki hidup yang berkualitas, juga menjadikannya dapat hidup lebih bermakna. Mereka akan memiliki hidup yang penuh arti saat di masa muda dan juga sampai di masa tuanya.

Usia dini merupakan usia yang tepat bagi seseorang menerima pendidikan yang berkualitas. Pada usia ini mereka memasuki masa emas atau golden moment untuk menyerap berbagai informasi yang dapat membentuk sikap dan karakter mereka menjadi berkualitas dan bermakna, sebagai wujud penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini didukung oleh pemerintah Indonesia melalui Permendikbud No.137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini dan Permendikbud No.146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Oleh karena itu, SMCC membuka dan meresmikan Taman Pengasuhan Anak yang bernama “Shining Me Child Care”. Taman Pengasuhan Anak ini mulai beroperasi pada 14 Januari 2019 di Jl. Manggis IX No.678, Pondok Chandra Indah, Waru, Sidoarjo. Shining Me Child Care ini dibuka dengan harapan dapat menjadi mitra Orangtua yang tidak memiliki kesempatan waktu untuk memberikan stimulus yang berpusat pada Kristus saat usia emas anak mereka. Sehingga kepribadian, kecerdasan dan kualitas hidup anak tetap dapat berkembang dengan baik dan benar secara optimal.

Visi dan Misi “Shining Me Child Care” adalah :
a. Visi
Menjadi mitra orangtua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak yang berpusat pada Kristus.
b. Misi
– Memberikan stimulasi yang berpusat pada nilai dan karakter Kristus kepada anak sesuai tahapan perkembangan usia.
– Memberikan lingkungan sehat dan bertanggungjawab bagi anak usia dini.
– Memaksimalkan kecerdasan majemuk yang dimiliki anak melalui kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum PAUD.
– Menjadi rumah kedua bagi anak untuk bertumbuh dan berkembang pada periode usia emasnya.

Shining Me Child Care menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini yang berpusat pada nilai dan karakter Kristus melalui rangkaian proses mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Meliputi enam program pengembangan yaitu, nilai Kristus dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni.

Fasilitas Shining Me Child Care adalah sebagai berikut :
– Lingkungan kamar tidur yang bersih, nyaman dan sejuk.
– Kamar mandi dengan pemanas air.
– Pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum PAUD.
– Buku penghubung bagi peserta didik jangka panjang (non harian)
– Laporan aspek perkembangan periode triwulan.
– Ruang bermain yang bersih, sejuk, aman dan nyaman untuk anak usia dini.
– Perlengkapan mainan edukatif.
– Pengasuh yang berpengalaman.
– Pengajar yang cinta anak-anak.
– Lokasi di lingkungan perumahan dengan sedikit polusi suara dan udara, sehingga tetap aman dan nyaman untuk anak.
– Keranjang penyimpanan pribadi untuk tiap anak.
– Tempat sterilisasi botol susu.

Yohanes 12 : 36a berkata, “Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.” Kami percaya, bahwa kasih sayang adalah hak anak sejak lahir. Dengan meneruskan kasih sayang dari Tuhan Yesus kepada anak, maka mereka dapat bertumbuh dan berkembang menjadi anak terang bagi lingkungan sekitarnya. “If a child can’t learn the way we teach, maybe we should teach the way they learn.” Menurut Gardner, kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, meciptakan karya yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya masyarakat. Dan kami meyakini bahwa setiap anak memiliki keunggulan yang khas karena mereka adalah anugerah Tuhan untuk mewarnai dunia ini dengan kecerdasan yang mereka miliki. (*)