Article

Waktu adalah Kasih Karunia3

Salah satu unsur penting dan mutlak dalam hidup manusia, yaitu waktu. Waktu adalah karunia Tuhan. Ketika kita hidup waktu kita berjalan, kita mati waktu kita berhenti, tetapi waktu didunia terus berjalan walau kita mati.

TIGA MACAM WAKTU TUHAN

Dalam membicarakan waktu Tuhan, kita bertemu dengan tiga istilah dalam Alkitab (bah. Aslinya)

Waktu Kronos

Yang dimaksud Kronos adalah waktu yang biasa, yang selalu ada. "kronos" menunjukan  jangka waktu tertentu, entah itu waktu yang singkat  ("sekejap mata", Luk 4:5) Atau waktu yang lama (Luk 8:27; 20:9). Dengan  demikian kita mengerti bahwa kata Yunani kronos" dipakai berhubungan  dengan jam, bulan, dan tahun. Waktu kronos adalah siklus waktu yang  biasa.Chronos / Kronos adalah waktu yang berjalan, bersifat  kuantitatif, dan sekuensial. Ini adalah artian waktu pada umumnya,  sekejap mata, sepintas, detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun,  dst. (dapat terukur, tidak terhingga termasuk kuantitatif dalam konteks  ini). Chronos adalah KaruniaTuhan kepada umat-Nya. Mengapa  disebut Karunia? Bukankah kalian sering mengatakan dan mendengarkan  pujian bahwa karunia Tuhan mengalir tanpa batas. Chronos / Waktu yang  terus berlalu tanpa henti, karena ini adalah Karunia Tuhan.

Waktu Aion

Kata "Aion"&nbsp; dipakai untuk menunjukan  entah waktu yang lama sekali, atau waktu yang tanpa batas. Oleh sebab  itu waktu aion dipakai<br />tentang "waktu ini" yang mulai dengan  penciptaan dan berakhir dengan kedatangan Kristus yang kedua kali; atau  juga tentang "waktu kekekalan", yaitu waktu tanpa batas. (Matius  12:32 "dunia ini.dan dunia yang akan datang." Yang diterjemahkan dengan  kata dunia adalah "aion" (lih.&nbsp; Ef 1:21)

Waktu Kairos

Kata kairos berbicara tentang periode tertentu. Kalau waktu itu sudah lewat, tidak akan kembali lagi (Roma 5:6) Oleh sebab ituwaktu kairos berbicara tentang kesempatan dan momentum yang ada di waktu - waktu tertentu.

Kairos adalah moment, kejadian yang terjadi dalam  waktu, bersifat kualitatif, dan kejadian berharga / bermakna. Contohnya  seperti yang kita tahu dan anda duga, mujizat Tuhan, sebuah kesempatan.  Inilah karunia Tuhan pada kita, Kairos adalah Kasih Tuhan pada  umat-Nya. Mengapa disebut Kasih? Karena dalam setiap Karunia Allah  terdapat Kasih Allah. Dalam setiap Chronos ada Kairos. Dalam setiap  kehidupan ada yang namanya mujizat, moment berharga, dan kejadian yang  mengingatkan kita dengan Kemuliaan Allah.

Galatia 6: 10 "Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutamakepada kawan-kawan kita seiman" - artinya, kalau kesempatan tidak digunakan, maka waktu (kairos) akan hilang.

Sebenarnya masih banyak kata Yunani yang berhubungan dengan waktu&nbsp;   seperti 'PALAIOS' dan 'ARKHAIOS'; 'AION', 'HORAIOS' dari 'HORA' (jam); 'KAIROS' dan 'KHRONOS'; 'KAINOS' dan 'NEOS', 'ENIAUTOS' dan&nbsp;   'ETOS'; 'ARTI', 'EDE', dan 'NUN'; 'AIDIOS' dan 'AIONIOS', dan lain-lain.

Salah satu faktor yang seringkali membuat kita gagal dalam mempergunakan waktu adalah kebiasaan untuk menunda untuk melakukan sesuatu / pekerjaan. Mereka yang dapat mempergunakan atau memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin adalah orang yang berhikmat. Seperti Tuhan Yesus, banyak sekali kejadian dan mujizat yang telah ia lakukan, dan tidak sekalipun dia menggunakan waktu dan moment yang ada untuk hal sia-sia, melainkan untuk Bapa-Nya di sorga. Meninggal di umur 33 tahun, sungguh hidup yang singkat bukan? Coba kita bandingkan dengan umur kita dan prestasi atau moment yang telah kita buat? Yesus sangat pantas untuk menjadi panutan kita.


Kalau kita tidak cermat kita akan kehilangan kesempatan. Sebab itu kita harus memperhatikan waktu pintu terbuka dan waktu pintu tertutup. Alkitab berkata, "Apabila Ia (Yesus ) membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapatmembuka." (wahyu 3:7)
"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana" - Mazmur 90 : 12

Ada waktunya Tuhan membuka pintu masuk bagi kita dalam sebuah  kesempatan. Bila mana kita tidak masuk, pintu akan tertutup.&nbsp; Pintu itu  bisa sebuah kesempatan - kesempatan baik yang kita miliki. Yang mungkin cuma sekali saja. Jadi perhatikan KAIROS yang Tuhan<br /> berikan. Jadilah peka, bijaksana, berani mengambil keputusan namun tidak terburu - buru.&nbsp; Atau anda akan menyesalinya!

"Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya" - 2 Petrus 3 : 18.

Firman tersebut telah menunjukkan kepada kita bahwa Tuhan telah memberikan kasih karunia (Chronos / Kronos &amp; Kairos, Waktu &amp; Moment) untuk kita bertumbuh, mengenal diri-Nya, dan untuk memuliakan-Nya. Marilah dengan bijak kita pergunakan Karunia Kasih (Chronos / Kronos &amp; Kairos, Waktu &amp; Moment) yang telah Ia berikan untuk kemuliaan-Nya.

" Ordinary people think merely of spending time and moment. Great people think of using them".
Rheza Reyhan