Bertanggung Jawab Menjaga Kesehatan Kita

Bertanggung Jawab Menjaga Kesehatan Kita

Bulan Agustus 2019 lalu, SMCC bekerjasama dengan Lab Kedungdoro menyelenggarakan check up darah bersama untuk pertama kalinya. Event ini diadakan sebanyak 2 kali dalam waktu 1 minggu yaitu hari Selasa, 20 Agustus 2019 dan hari Minggu, 25 Agustus 2019 bertempat di SMCC Rungkut dan Rodex Tour and Travel dengan jumlah peserta sebanyak 84 orang dari jemaat SMCC dan kalangan umum.

Dalam 1 Korintus 6:19, dikatakan bahwa tubuh kita adalah bait Roh Kudus karena itu kita harus memuliakan Allah dengan cara bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan kita. Seperti halnya indikasi dashboard mobil kita, cek darah ini dapat menunjukkan indikasi kesehatan kita selama ini. Apakah gaya hidup kita berkualitas, apa yang harus kita perhatikan untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Melalui pengecekan darah lengkap ini kita dapat melihat apakah kita mengalami anemia atau kelainan darah lainnya. Sedangkan, hasil cek urine lengkap dapat menunjukkan adanya infeksi bakteri atau kelainan fungsi ginjal maupun liver. Untuk pengecekan gula darah akan menunjukkan apakah kadar gula dalam darah kita terlalu tinggi atau terlalu rendah, dimana keduanya akan berbahaya bila tidak dijaga dalam kondisi normal. Selain itu, hal yang sering menjadi perhatian adalah kolesterol yang  juga akan mempengaruhi tingkat lemak dalam darah atau yang biasa disebut Trigliserida, serta lemak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, yakni lemak yang baik (HDL). Untuk meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh kita, kita dapat mendapatkannya dari asupan makanan yang memiliki kandungan omega 3 seperti kacang-kacangan atau buah alpukat. Sedangkan, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi yang kita dapatkan dari makanan berminyak dapat berbahaya bagi tubuh kita dan dapat berujung pada serangan jantung maupun stroke.

Hasil cek lainnya yang kita dapat ketahui adalah  kadar asam urat yang biasanya menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian yang dapat mempengaruhi aktivitas kita. Hasil lab ini juga menguji kadar kreatinin yang menentukan fungsi ginjal kita, serta melihat bagaimana kondisi hati atau liver  kita yang salah satunya berfungsi untuk membuang racun dalam tubuh melalui hasil SGOT dan SGPT .

Semoga melalui pengecekan ini kita dapat semakin disadarkan untuk lebih serius dalam memperhatikan dan menjaga kesehatan kita, mengambil tindakan untuk mengubah gaya hidup kita yang kurang sehat, mulai menjaga pola makan kita dan berolahraga dengan teratur

Looking after my health today gives me a better hope for tomorrow.” — Anne Wilson Schaef
(Menjaga kesehatan saya hari ini memberi saya harapan yang lebih baik untuk hari esok.) (*)

Reportase: Vonny Poniman (SMCC Faith)

Leave a Comment