Growing Through Community

Growing Through Community

Speaker: Pdm. David Novandi

Sejak awal manusia diciptakan oleh Tuhan untuk hidup dan berinteraksi didalam komunitas.

Kejadian 2:18,

Tuhan Allah berfirman: ”Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

  • Tuhan berfirman tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja
  • Terjemahan lain tidak sehat kalau manusia hidup seorang diri saja, manusia perlu orang lain untuk saling menolong, membantu dan lain-lain

 

Komunitas juga merupakan gaya hidup Allah karena pada waktu Tuhan menciptakan manusia, Tuhan berfirman dalam Kejadian 1:26-27,

26 Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas

27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Yang segambar dan serupa bukan hanya sifat-sifatnya atau kuasanya tetapi juga gaya hidupnya.

 

Dalam Pengkotbah 4:9-12 (NLT) ada beberapa hal kebenaran tentang komunitas,

Two people are better off than one, for they can help each other succeed. If one person falls, the other can reach out and help. But someone who falls alone is in real trouble. Likewise, two people lying close together can keep each other warm. But how can one be warm alone? A person standing alone can be attacked and defeated, but two can stand back-to-back and conquer. Three are even better, for a triple-braided cord is not easily broken.

  1. Komunitas adalah tempat dimana kita bisa saling menolong satu dengan yang lain. Kita bisa saling menolong untuk mencapai kesuksesan maupun saling menolong apabila seseorang jatuh.
  2. Komunitas adalah tempat dimana kita bisa saling mendukung satu dengan yang lain, saling ‘menghangatkan’ satu dengan yang lain memberikan semangat dan menguatkan satu dengan yang lain.
  3. Komunitas adalah tempat perlindungan dan mengalami kemenangan bersama.

Dengan kata lain Komunitas adalah tempat kita mengalami pertumbuhan yang paling efektif.

 

Dalam hal apa kita mengalami pertumbuhan di komunitas?

  1. Bertumbuh secara karakter (Amsal 27:17)
  2. Bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan
  3. Bertumbuh dalam karunia-karunia rohani

 

Kesalahan terbesar dalam pertumbuhan rohani adalah pada waktu kita melakukannya seorang diri. Kita butuh orang lain atau komunitas untuk kita mengalami pertumbuhan yang maksimal untuk menjadi serupa dengan Kristus.

Leave a Comment