PEMELIHARAAN TUHAN

PEMELIHARAAN TUHAN

Speaker: Ps. Gunawan (GPT PETRA Semarang)

Keluaran 16:4, Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Muda: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

  • roti itu tidak dalam bentuk yang sudah bisa dimakan, itu dalam bentuk embun yang kemudian mereka olah kemudian mereka bisa makan.
  • yang luar biasa, yang ambil banyak masih sisa, yang ambil sedikit tidak kurang. Kalau disimpan busuk, sehingga orang makan secukupnya.
  • roti ini dikirim tiap pagi.
  • Tuhan memberi SECUKUPNYA.
  • hal ini sejajar dengan doa Bapa Kami (Matius 6:11)

Secukupnya saja. Pemeliharaan Tuhan itu kadang Tuhan bisa memberkati seperti Abraham, Ishak, dan Yakub. Alkitab mengatakan mereka kaya, dan sangat kaya.

Lukas 12:24, Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu!

Burung gagak sebenarnya haram, tapi Tuhan pelihara.. terlebih KITA, anakNya.

Berkat Tuhan tidak harus selalu berlimpah, tapi selasu PAS.

Mazmur 147:8

Latar belakang burung gagak, kalau sudah melahirkan anak, indunya tidak peduli. Namun walau induk tak peduli, tapi Tuhan peduli.

Kita harus YAKIN, walau kita sekarang pas-pasan, TUHAN TETAP MEMELIHARA.

Yang buruk/jelek Tuhan pelihara, terlebih yang SERUPA dengan diriNya (Kejadian 1:26).

Kenapa Tuhan memilih berkat hanya hari ke hari?

Keluaran 16:4

– Kadang-kadang kemapanan membuat seseorang kurang berlutut di hadapan Tuhan. Jika Tuhan memberi, misal, makanan untuk 40hari, apakah kita akan berdoa setiap hari?

– Kita tidak boleh mengeluh ketika pas-pasan. Kuatir itu kalau di hari ini tidak ada makanan.

Leave a Comment